Tuesday, July 10, 2018

Belajar Bahasa Jepang, Mengapa Tidak?

Kebanyakan orang berpikir bahwa belajar bahasa asing itu tidak mudah. Kerumitan dalam tata bahasa, pemahaman yang ambigu, kosa kata yang susah diucapkan dan diingat adalah beberapa contoh pemikiran yang menghilangkan motivasi untuk mendalami bahasa asing. Apalagi, pemaparan yang detail diperlukan untuk mengerti konten bacaan atau pembicaraan yang disampaikan. Paradigma seperti itulah yang mengakibatkan banyak ditemukan orang-orang yang menyerah bahkan sebelum mencoba untuk belajar menguasai bahasa selain bahasa ibu.
   Adanya buku teks pelajaran dan audio NHK World Radio “Belajar Bahasa Jepang” dengan tajuk “Yasashii Nihongo” menyediakan media pembelajaran untuk belajar bahasa Jepang yang juga ditujukan bagi pemula. Pengertian dari “Yasashii Nihongo” sendiri adalah “bahasa Jepang yang mudah”. Hal ini dicanangkan untuk memastikan bahwa belajar bahasa Jepang tidaklah sesulit yang dibayangkan oleh masyarakat pada umumnya.
   Dalam bahasa Jepang, tulisan yang digunakan ada tiga jenis, yaitu huruf hiragana, katakana, dan kanji. Huruf hiragana merupakan huruf asli bahasa Jepang dan terkenal lebih luwes. Huruf katakana adalah huruf yang memiliki kesan tegas dan digunakan untuk kata-kata serapan dari bahasa asing. Selanjutnya, huruf kanji yang terkesan lebih rumit di mana karakter tulisannya memiliki pengaruh dari aksara Tiongkok. Ada pula huruf alfabet yang disebut dengan romaji. Masing-masing huruf tersebut memiliki karakteristiknya sendiri dan saling melengkapi satu sama lain, bahkan dilihat dari segi estetikanya.
   Buku teks dikemas menggunakan tulisan bahasa Jepang seperti hiragana, katakana, dan kanji yang kemudian diperjelas dengan cara baca romaji disertai dengan terjemahan dalam bahasa Indonesia. Tidak perlu khawatir karena audio, teks, ilustrasi, tata bahasa dasar, dan ungkapan praktis disusun sedemikian rupa supaya ketika berada dalam proses pembelajaran, para peminat bahasa tidak akan mudah bosan dan mengalami kesulitan.
   Berikut adalah beberapa langkah dan hal penting yang harus diperhatikan untuk mulai mempelajari bahasa Jepang.

Tulisan dan kosa kata

  Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tulisan aksara bahasa Jepang menjadi satu titik paling dasar dan paling penting dalam bahasa Jepang. Dalam memulai proses pembelajaran yang efektif, hal yang pertama-tama harus dilakukan adalah mengingat dan menguasai huruf bahasa Jepang. Di dalam buku teks pelajaran NHK World Radio Japan “Yasashii Nihongo”, tulisan bahasa Jepang dapat dilihat di daftar tulisan Jepang disertai dengan cara penulisan yang benar. Ada pula daftar kosa kata untuk menambah perbendaharaan kata yang juga digunakan dalam buku teks. Jadi, langkah yang harus diambil adalah mencoba untuk menghapal huruf-huruf tersebut dengan cara berlatih membaca dan menulis menggunakan urutan goresan yang benar.

Tata bahasa

   Adanya komponen tata bahasa dalam bahasa Jepang seperti partikel, konjugasi verba, penempatan struktur kalimat yang tepat, dan lain sebagainya, perlu untuk dipahami. Mempelajari tata bahasa membutuhkan konsentrasi tinggi dan pengertian yang mumpuni karena tata bahasa dari bahasa asing berbeda dengan bahasa ibu. Contohnya, susunan struktur kalimat dalam bahasa Indonesia adalah S (Subjek) + P (Predikat) + O (Objek) + K (Keterangan) sedangkan susunan struktur kalimat dalam bahasa Jepang adalah K (Keterangan) + S (Subjek) + Partikel + (O) Objek + Partikel + P (Predikat).
  Semua esensi dari tata bahasa yang ada dibagikan oleh buku teks pelajaran NHK World Radio Japan “Belajar Bahasa Jepang” secara gratis. Dari segi tata bahasanya, setiap bab dibagi menjadi beberapa poin yang terstruktur dengan rapi. Pola pembelajaran yang digunakan juga sistematis dan tepat guna. Pemahaman tata bahasa juga bisa didukung dengan mendengarkan audio mp3 yang tersedia dengan memperhatikan setiap penjelasan masing-masing bab yang memberikan gambaran deskripsi tentang poin apa yang dibahas di dalam bab tersebut. Membaca skrip setiap percakapan yang ada, mengerti makna dari percakapan tersebut, dan memastikan cara pengucapan dan cara penulisannya juga.

Belajar dan berlatih

   Cara paling baik adalah mencoba untuk mengaplikasikannya dengan cara berlatih. Bisa dengan berlatih di depan cermin, mengatakan percakapan dengan suara yang lantang dan bersimulasi tentang itu, berani berbicara kepada orang lain dengan menggunakan tata bahasa Jepang yang baik dan benar yang sudah dipelajari dari bab-bab sebelumnya, dan sebagainya.



Bagi yang tertarik dan berminat mempelajari bahasa Jepang, usahakan semakin memacu diri untuk tidak cepat puas dan belajar lebih lagi. Jangan takut sekalipun ini adalah kali pertama belajar bahasa asing. Tidak peduli apapun latar belakangnya, semua pasti bisa belajar bahasa Jepang. Mahir dalam berbahasa Jepang dimulai dari niat dan kemauan yang besar untuk belajar. Jangan pernah menyerah karena belajar berarti melalui setiap proses yang ada dengan ketekunan dan keuletan.