Tuesday, July 10, 2018

Ayo belajar Bahasa Jepang!


Introduction

Pendidikan merupakan salah satu pilar masyarakat yang memiliki peran penting dalam keberlangsungan hidup manusia. Manusia tidak bisa lepas dari kegiatan belajar karena pada dasarnya manusia adalah makhluk yang mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Adanya sifat dasar tersebut mengantar manusia untuk selalu berusaha melakukan sesuatu yang baru, tidak terkecuali termasuk dalam hal bahasa dan budaya.
   Ketertarikan untuk belajar bahasa asing semakin bertumbuh seiring dengan perkembangan zaman. Belajar bahasa asing bukan lagi hanya sekedar menjadi hobi untuk mengisi waktu luang dengan hal yang berfaedah atau sebagai peminatan saja. Hal ini dilakukan agar dapat berkiprah dengan jangkauan yang lebih luas hingga mancanegara, apapun bidang yang digeluti masing-masing. Pada faktanya tidak sedikit orang yang termotivasi untuk menguasai bahasa asing.
  Salah satunya bahasa Jepang yang kian menjamur terutama di Indonesia. Selain bahasa Inggris, bahasa Jepang menjadi bahasa yang diminati oleh berbagai kalangan dan menarik untuk dipelajari. Mempelajari bahasa Jepang dapat dilakukan bukan hanya dalam pendidikan formal saja, melainkan bisa juga secara otodidak. Keinginan untuk membaca komik atau menonton anime / film dalam bahasa Jepang turut memotivasi karena ingin segera menambah keterampilan bahasa yang digunakan.
  • “Saya tidak punya buku pelajaran bahasa Jepang”
  • “Saya tidak tahu harus membeli buku pelajaran bahasa Jepang seperti apa”
  • “Saya tidak memiliki cukup uang untuk membeli buku pelajaran bahasa Jepang”
  • “Saya sama sekali tidak mengerti tentang bahasa Jepang dasar sebelumnya”
 
  Pernyataan-pernyataan demikian merupakan beberapa pertanyaan yang kerap kali terdengar sehingga orang bisa saja mengurungkan niatnya untuk belajar bahasa Jepang sehingga menguasai bahasa Jepang hanya menjadi sekadar angan-angan saja. 

NHK World Radio Japan "Belajar Bahasa Jepang" 

Oleh karena itu, NHK World Radio Japan “Belajar Bahasa Jepang” menjawab kebutuhan setiap orang yang ingin menguasai bahasa Jepang dengan cara menjadi media pembelajaran bahasa Jepang yang terpercaya dan berkualitas. Pembahasan yang sederhana dan jelas menjadi keunggulan dari media ini yang patut diperhitungkan.

Berapa biaya yang harus saya keluarkan untuk mendapatkan media tersebut?

  Tidak perlu khawatir soal biaya, buku teks dan audio pelajaran bahasa Jepang sama sekali tidak memerlukan biaya sepeserpun alias GRATIS. Walaupun demikian, dapat dipastikan bahwa konten pelajaran bahasa Jepang yang ditawarkan sangat menarik dan terjamin mutunya. Ada juga banyak buku serupa yang beredar di pasaran dan gerai buku, akan tetapi diperlukan biaya untuk mendapatkannya. Lagipula, belum tentu konten yang ditawarkan ataupun penulis yang menerbitkannya adalah orang yang memang murni terbukti bergerak dan berkontribusi di bidang pendidikan, bahasa, atau budaya. Terkadang isi yang ada justru tidak jelas atau tidak sesuai dengan topik yang seharusnya dibahas dan perlu dipahami sehingga terkesan membingungkan atau bahkan aneh.

Bagaimana saya bisa mendapatkannya?

   NHK World Radio Japan “Belajar Bahasa Jepang” dapat diakses melalui website https://www.nhk.or.jp/lesson/indonesian/. Kemudian, buku teks pelajaran NHK World Radio “Belajar Bahasa Jepang” dapat diunduh dalam format PDF melalui website resmi https://www.nhk.or.jp/lesson/update/pdf/leall_id_t.pdf. Buku teks pelajaran tersebut dapat dicetak dan digunakan oleh siapa saja, di mana saja, kapan saja, tanpa terkecuali sehingga mudah dan praktis.
   Buku teks dan audio mp3 pelajaran bahasa Jepang dari NHK World Radio Japan tersebut tersedia dalam 17 bahasa internasional, dan salah satunya adalah bahasa Indonesia. Jadi, tidak perlu pusing karena penjelasan semua bab yang tersedia menggunakan bahasa Indonesia. Bahasa yang digunakan merupakan bahasa yang tidak kompleks sehingga mudah dipahami dan tidak akan ditemukan kesalahan.
   Ada 48 bab yang tersedia, semuanya berisi tentang pembahasan yang langsung menuju pada intisari tata bahasa yang harus diperhatikan. Ada juga percakapan yang menggambarkan keadaan realitas ketika menggunakan bahasa Jepang terkait bab yang bersangkutan. Selanjutnya, ada pula segmen yang menyenangkan yang dilengkapi dengan unsur budaya dan ragam bahasa yang unik, yaitu kata tiruan bunyi. Kata tiruan bunyi digunakan oleh masyarakat Jepang dalam kehidupan sehari-hari untuk menyatakan kegiatan atau keadaan yang terjadi dengan lebih jelas.

Apakah belajar menggunakan media ini adalah pilihan yang tepat?

   Berdasarkan dari pengalaman saya pribadi, saya cukup kesulitan untuk berkegiatan atau bepergian dengan buku-buku tebal yang banyak dan berat, yang harus saya bawa di tas ransel saya atau bahkan harus saya pegang. Saya sering mengisi waktu jeda saya dengan mempelajari kosa kata atau tata bahasa Jepang dan harus membuka lembaran berbagai macam buku, dan itu cukup merepotkan. Jadi, dengan adanya buku teks pelajaran digital yang memiliki penjelasan yang tidak bertele-tele, gratis namun berkualitas, praktis, bisa belajar di mana saja dan kapan saja tanpa harus bersusah payah membawa buku tebal ke mana-mana, ini menjadi referensi yang bagus.


  
  Jangan pernah menyerah dan teruslah berusaha. Dengan kegigihan dan semangat untuk mencapai tujuan, setiap proses pembelajaran yang ada tidak akan mengkhianati hasil. Selamat belajar bahasa Jepang!